Wapres: Ada 6 Isu Strategis Penghambat Bisnis

Written By bopuluh on Minggu, 11 November 2012 | 21.05

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Presiden RI Boediono mengatakan, ada enam isu strategis yang saat ini menghambat bisnis di tanah air. Sehingga isu penghambat bisnis ini harus dicari solusinya untuk melancarkan larinya perekonomian Indonesia.

"Kami melihat masih ada banyak isu penghambat bisnis yang harus segera dicari solusinya," kata Boediono saat memberikan sambutan di Global Entrepreneurship Week di kantor Bank Indonesia Jakarta, Senin (12/11/2012).

Menurut Boediono, enam penghambat bisnis tersebut antara lain, pertama, aturan bisnis yang masih belum jelas. Dalam hal ini, Indonesia dinilai masih memiliki ketertiban hukum yang belum jelas, keamanan bisnis juga masih terganggu bahkan masih banyak pungli.

Kedua, kestabilan ekonomi. Saat ini, ekonomi tanah air masih dipengaruhi oleh ekonomi global. Jadi tidak ada yang bisa secara pasti meramalkan kondisi perekonomian Indonesia ke depan. "Perekonomian itu seperti yoyo, seperti roller coaster. Tidak ada yang bisa menghitung secara cermat seperti apa ke depannya," tambahnya.

Ketiga, infrastruktur.  Hal ini berdampak dalam mudah tidaknya dalam berbisnis. Kondisi lima tahun lalu, investasi di Indonesia itu banyak didominasi di luar perkotaan. Namun dengan kondisi infrastruktur yang susah, maka hal itu akan mempengaruhi biaya bisnis.

Keempat, regulasi. Masih banyak regulasi di daerah dan nasional yang malah menghambat bisnis di tanah air. Kelima, perbankan. Masih banyak sektor usaha kecil menengah (UKM) yang susah untuk mencari dana perbankan.

Keenam, tenaga kerja yang terlatih. Dengan tenaga terdidik, masalah tenaga kerja yang sering dikeluhkan oleh industri ini akan terkurangi.

"Kalau masalah-masalah tadi masih banyak di lingkungan Anda, maka tidak akan ada wirausaha di sana. Ini akan jadi pokok persoalan yang akan kita atasi bersama," tambahnya.

Editor :

Erlangga Djumena


Anda sedang membaca artikel tentang

Wapres: Ada 6 Isu Strategis Penghambat Bisnis

Dengan url

http://inadequatechildnutrition.blogspot.com/2012/11/wapres-ada-6-isu-strategis-penghambat.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Wapres: Ada 6 Isu Strategis Penghambat Bisnis

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Wapres: Ada 6 Isu Strategis Penghambat Bisnis

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger