Ribuan Itik di Kediri Positif Kena Flu Burung

Written By bopuluh on Senin, 17 Desember 2012 | 21.05

Ribuan Itik di Kediri Positif Kena Flu Burung

Penulis : Kontributor Kediri, M Agus Fauzul Hakim | Selasa, 18 Desember 2012 | 11:46 WIB

KEDIRI, KOMPAS.com - Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Kediri, menyatakan penyebab kematian ribuan bebek di wilayah itu akibat serangan flu burung. Hal ini setelah dilakukan uji laboratoris serta penelitian biomolekuler pada sampel bebek yang diambil pada medio November lalu.

"Hasilnya kami ketahui dari pemeriksaan Laboratorium yang ada di Malang, sementara yang dari Yogya belum keluar," kata Sri Suparmi, Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Kediri, Selasa (18/12/2012).

Penyakit flu burung ini, jelas Sri Suparmi, agak berbeda dengan kasus yang pernah terjadi sebelumnya yang menyerang pada unggas jenis ayam maupun burung. Sementara pada itik, yang biasanya lebih kebal penyakit, adalah tipe flu burung yang telah mengalami perubahan genetis.

Pada sub tipe H5N1 silsilah struktur genetis (clade) yang lama dikenal dengan clade 2.1, namun saat ini sudah berkembang dan diidentifikasi sebagai clade 2.3, yang merupakan kasus pertama kalinya yang ditemukan di Indonesia. "Penyebab perubahan inilah yang saat ini masih terus dilakukan pemeriksaan dan observasi lapangan," imbuhnya.

Namun demikian dinas setempat belum melakukan vaksinasi karena saat ini vaksin yang ada masih untuk clade 2.1. Saat ini lebih pada tahap observasi untuk mengetahui karakteristik dan pola penanganan pada clade 2.3. " Kami belum dianjurkan untuk melakukan vaksinasi, nunggu observasi," Sri Suparmi menandaskan.

Meskipun demikian, dia mengimbau agar masyarakat tidak perlu panik maupun khawatir karena daging dan itik masih aman dikonsumsi sepanjang dimasak dahulu. Mencuci tangan dengan sabun, serta menggunakan masker jika berada pada areal persebaran penyakit, merupakan prosedur tetap.

Menurut data yang ada, akibat serangan penyakit ini menyebabkan sekitar 11.000 itik mati dan 26.000 lainnya terserang sakit. Penyebaran itik di Kabupaten Kediri ada di 10 desa yang tersebar di sembilan kecamatan. Sebelumnya diberitakan, para peternak bebek di Kabupaten Kediri gelisah setelah bebek mereka banyak yang mati mendadak. Penyakit ini mereka sebut sebagai penyakit kholera.


Anda sedang membaca artikel tentang

Ribuan Itik di Kediri Positif Kena Flu Burung

Dengan url

http://inadequatechildnutrition.blogspot.com/2012/12/ribuan-itik-di-kediri-positif-kena-flu.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Ribuan Itik di Kediri Positif Kena Flu Burung

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Ribuan Itik di Kediri Positif Kena Flu Burung

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger