Sail Komodo 2013 Disiapkan Matang

Written By bopuluh on Senin, 21 Januari 2013 | 21.05

KUPANG, KOMPAS.com - Sail Komodo, NTT, yang berlangsung selama 45 hari dengan puncak 9 September 2013 di Labuan Bajo, harus disiapkan secara matang.

Di setiap kabupaten, titik destinasi akan mementaskan seni budaya dan mempersiapkan cinderamata khas daerah itu.

Dalam pertemuan pembahasan persiapan sail Komodo, yang dihadiri perwakilan 21 kabupaten/kota se-NTT di Kantor Gubernur NTT di Kupang, Selasa (22/1/2013) hampir semua perwakilan kabupaten hadir. Pertemuan dipimpin Kabid Humas Badan Infokom NTT, Wely Pah.

Perwakilan dari 21 kabupaten/kota terdiri atas unsur perhubungan, pariwisata, informasi dan komunikasi serta aparat keamanan. Wely

Pah mengingatkan peserta rapat, semua persiapan sail Komodo harus dimulai dari sekarang terutama infrastruktur seperti jalan, jembatan, air bersih, penginapan, jaringan telepon, listrik dan seterusnya. "Tarian-tarian daerah, lagu-lagu daerah, musik daerah dan sejumlah kearifan lokal harus disiapkan secara matang, lengkap, dan memenuhi unsur seninya," kata Pah.

Kepala Seksi Promosi dan Informasi Dinas Pariwisata NTT, Bona Rumat, mengatakan, Sail Komodo berlangsung 45 hari. Peserta asing mulai bergerak dari Darwin, Australia 26 Juli dan tiba di Kupang 28 Juli.

Sekitar 500 peserta turis asing hadir dalam sail itu. Mereka akan disambut secara tamu kehormatan di Kupang kemudian melanjutkan perjanan dua jalur di perairan NTT. Satu jalur ke arah utara dan satu lagi ke selatan. Mereka akan singgah di 21 kabupaten/kota di NTT seperti Kota Kupang, Alor, Larantuka, Maumere, Ende, Bajawa, Ba'a, Waingapu, Tambolaka.

"Sejumlah tradisi budaya dan kearifan lokal akan dipentaskan di sana. Masyarakat pun disiapkan untuk berperilaku menjual obyek obyek yang ada seperti keramahan, kesopanan dan sterusnya," kata Bona.


Anda sedang membaca artikel tentang

Sail Komodo 2013 Disiapkan Matang

Dengan url

http://inadequatechildnutrition.blogspot.com/2013/01/sail-komodo-2013-disiapkan-matang.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Sail Komodo 2013 Disiapkan Matang

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Sail Komodo 2013 Disiapkan Matang

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger