Tanggul Latuharhary Jebol, 450 Ribu Penumpang KA Terganggu

Written By bopuluh on Kamis, 17 Januari 2013 | 21.05

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Humas PT Kereta Api Indonesia Mateta Rizalulhaq mengatakan, sebanyak 450 ribu penumpang kereta api terganggu per harinya akibat jebolnya tanggul Banjir Kanal Barat di Jalan Latuharhary, Menteng, Jakarta Pusat sejak kemarin, Kamis (17/1/2013). Tanggul jebol menutup jalur perlintasan kereta api.

"Kereta lewati sini sekitar 60 perjalanan. Dari arah Bogor sekitar 130 perjalanan, dari arah Bekasi sekitar 90 perjalanan. Dari ini menyebabkan 450 ribu penumpang dalam sehari terganggu," terang Mateta di lokasi tanggul jebol, Jumat (18/1/2013).

Mateta menjelaskan, akibat tanggul jebol tersebut, PT KAI membatasi perjalanan kereta. KA jurusan Bogor-Bekasi hanya beroperasi hingga Stasiun Manggarai. Beberapa stasiun kereta api, tambah Mateta, juga belum beroperasi karena air masih menggenani rel kereta.

"Yang pasti dari Bogor ke jalur lingkar yang mengarah ke Sudirman, Manggarai, itu yang terputus. Untuk sekarang, Tanah Abang, Jakarta Kota, Kampung Bandan genangan air masih tinggi. Otomatis dibatasi," terangnya.

Menurut Mateta, PT KAI pun menunggu proses perbaikan selesai sebelum kembali mengoperasionalkan kembali kereta api seperti sedia kala. PT KAI sendiri belum menghitung kerugian atas jebolnya tanggul tersebut.

"Saya belum hitung. Yang penting operasional kereta bisa berjalan semaksimal mungkin. Kerugian itu masih belum terhitung," ujarnya.

Tanggul kini masih dalam perbaikan. Sejumlah anggota Kopassus, satpol PP, hingga Dinas Pekerjaan Umum DKI bergotong-royong menutup tanggul tersebut. Tanggul tersebut diketahui jebol sejak Kamis pukul 10.00. Tanggul jebol sepanjang 30 meter di sisi Jalan Latuharhary, Jakarta Pusat. Akibat jebolnya tanggul, air yang ditampung Kanal Banjir Barat melimpas, tumpah ruah ke Jalan Teluk Betung dan Tosari. Aliran air pun meluap hingga ke Jalan Thamrin dan Jalan Sudirman.

Kasie Sarana dan Prasarana Pengendali Banjir Dinas Pekerjaan Umum DKI Hendri menjelaskan, volume limpasan air dari Kanal Banjir Barat sangat banyak karena limpahan air dari Manggarai saat itu sempat mencapai ketinggian 1.030 cm atau di atas batas siaga I. Tanggul di Latuharhary tidak kuat menahan derasnya aliran air sehingga jebol.


Anda sedang membaca artikel tentang

Tanggul Latuharhary Jebol, 450 Ribu Penumpang KA Terganggu

Dengan url

http://inadequatechildnutrition.blogspot.com/2013/01/tanggul-latuharhary-jebol-450-ribu.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Tanggul Latuharhary Jebol, 450 Ribu Penumpang KA Terganggu

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Tanggul Latuharhary Jebol, 450 Ribu Penumpang KA Terganggu

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger