Lourdes pada Musim Dingin

Written By bopuluh on Rabu, 06 Maret 2013 | 21.05

Oleh Andreas Maryoto

Kereta TGV berlari kencang menembus malam di wilayah Perancis selatan. Banyak penumpang yang sudah tertidur pulas. Perlahan kemudian kereta melambat ketika memasuki stasiun Lourdes menjelang pukul 21.00. Sepi....

Penumpang yang jumlahnya puluhan, satu per satu turun dari kereta. Masih sangat sepi. Ini memang perjalanan yang langka, ke Lourdes pada saat musim dingin. Ya, memang sangat sepi karena jutaan orang biasa berziarah ke tempat itu antara bulan Maret dan Oktober setiap tahunnya, bukan awal Februari lalu. Orang biasa berziarah ke Lourdes untuk berdoa dan mengunjungi goa tempat penampakan Maria kepada Santa Bernadeth.

Kisah penampakan yang terjadi pada tahun 1858 itu telah diakui kebenarannya oleh otoritas gereja. Bernadeth menuturkan, Maria menampakkan kepada dirinya beberapa kali. Pasca-pengakuan gereja, setidaknya 5 juta umat Katolik setiap tahun mendatangi tempat yang bisa ditempuh dengan perjalanan kereta selama sekitar enam jam dari Paris.

Perjalanan ke Lourdes pada bulan Februari adalah perjalanan tidak lazim. Selain sepi, suhu udara juga sangat dingin, kadang sampai minus 5 derajat celsius. Namun, dengan persiapan yang baik, kita bisa memetik banyak manfaat mengunjungi tempat tersebut pada musim dingin. Sudah barang tentu pakaian musim dingin menjadi syarat mutlak yang harus dibawa sebelum ke tempat itu. Pakaian dalam, jaket, kaus tangan, sepatu, dan juga penutup kepala yang tahan dingin harus dibawa. Nah, bila persiapan itu sudah cukup, kita mulai memesan kereta api, hotel, dan lain- lain.

Lebih murah

Keuntungan kalau kita melakukan perjalanan saat musim dingin, kita akan mendapatkan harga tiket kereta yang sangat murah. Tiket kereta cepat bisa didapat dengan harga 90 euro yang pada saat musim padat pasti di atas 100 euro. Hotel pun demikian. Harga hotel ekonomis yang biasanya di atas 50 euro, kita bisa mendapat hanya 29 euro. Untuk kedua pemesanan itu bisa dilakukan melalui internet.

Meski berharga murah, pelayanan tetap prima, seperti hotel dengan harga 29 euro itu. Pada musim dingin, hotel-hotel yang kebanyakan adalah hotel ekonomis itu sudah tutup pada pukul 18.00-20.00. Untuk itu, kita harus memencet interkom agar dibukakan pintu hotel oleh petugasnya. Di sini kita harus berhati-hati karena kebanyakan hotel tidak bersedia membukakan pintu di atas pukul 22.00. Kalau toh bersedia, mereka akan meminta ongkos 15 euro untuk membukakan pintu! Jumlah ini sudah ditegaskan saat kita memesan hotel melalui internet. Jadi? Kita tidak bisa mengelak kalau kita terlambat dengan alasan apa pun.

Untuk itu, kita harus tepat waktu! Nah, kalau sudah sampai di hotel, petugas akan langsung melayani kita dan menjelaskan segala sesuatu tentang Lourdes. Wah, padahal kita tidak meminta penjelasan itu, tetapi dia langsung nyerocos bercerita soal Lourdes. Peta Lourdes pun langsung diberikan kepada kita tanpa kita meminta. Tak hanya itu, kode kunci elektronik pun langsung diberikan agar kita leluasa keluar masuk hotel jam berapa pun. Terserah mau keluar masuk jam berapa pun.

Sepi tetapi aman

Kita dengan mudah bisa langsung menyusuri jalan-jalan kota kecil itu hingga mengunjungi Goa Maria atau yang disebut Il Groto jam berapa pun. Apakah aman? Jangan khawatir! Sangat aman. Meski sepi, masih ada orang yang juga melakukan ziarah sehingga serasa memiliki teman, di samping Lourdes memang terkenal aman.

Saat sepi pada musim dingin karena awal Februari lalu hanya ada beberapa orang yang berziarah. Pada malam hari bahkan kadang hanya 1 orang yang berdoa di depan goa. Keadaan ini jauh terbalik pada saat bulan ramai peziarah. Mereka harus antre untuk berdoa dan juga berdesak-desakan untuk mencapai Il Groto.

Namun, ada juga kerugian berziarah ke Lourdes pada saat musim dingin. Beberapa tempat di Lourdes, seperti museum, tutup. Restoran dan tempat suvenir juga buka telat. Kadang baru buka di atas pukul 11.00 atau malah tidak buka sama sekali. Untuk itu, kita memang harus menyiapkan makanan dan minuman selama perjalanan agar tidak kelaparan.

Hotel kadang menawari makan pagi dengan harga 7 euro. Kalau memang berminat, segera membayar pesanan makan pagi karena hotel tidak akan melayani tamu ketika jam layanan usai. Mereka benar-benar akan menolak tamu yang datang untuk makan pagi di luar jam layanan. Sebaiknya tawaran makan pagi di hotel diambil karena sangat jarang hotel dan restoran yang buka pada pagi hari. Langkah ini perlu diambil agar kita tidak kelaparan saat musim dingin!

Berziarah ke Lourdes saat musim dingin tetap menarik, khusyuk, dan yang penting lebih murah asal dengan persiapan yang baik.

Ikuti twitter Kompas Travel di @KompasTravel


Anda sedang membaca artikel tentang

Lourdes pada Musim Dingin

Dengan url

http://inadequatechildnutrition.blogspot.com/2013/03/lourdes-pada-musim-dingin.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Lourdes pada Musim Dingin

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Lourdes pada Musim Dingin

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger