Urban Yogya Dalam Pandangan Tok Basuki

Written By bopuluh on Minggu, 24 Maret 2013 | 22.05

Urban Yogya Dalam Pandangan Tok Basuki

Penulis : L Sastra Wijaya | Senin, 25 Maret 2013 | 11:50 WIB

ADELAIDE, KOMPAS.com - Kehidupan dua penari jalanan di persimpangan sibuk di Yogyakarta akan menjadi lukisan utama dari seniman Tok Basuki yang akan dipamerkan di Galeri Multibudaya Nexus, Adelaide (Australia), 4-26 April mendatang.

Pameran oleh Tok Basuki, seorang warga Indonesia yang tinggal di Adelaide ini merupakan bagian dari Indofest, festival Indonesia, yang akan berlangsung di Rymill Park, Adelaide 14 April. Pameran ini diberi judul Cross Section, menurut Tok Basuki, didasarkan pada observasi yang dilakukannya ketika dia berkunjung ke Yogyakarta dimana dia pernah menempuh pendidikan di Institut Seni Indonesia (ISI) di sana.

Tok Basuki mencoba mendokumentasikan perubahan budaya dan tradisi di Indonesia dan semula merencanakan membuat dokumentasi foto jurnalistik mengenai kehidupan masyarakat kontemporer.

Namun dalam keterangannya kepada koresponden Kompas di Australia, L. Sastra Wijaya, Basuki sangat terkesan dengan apa yang dilihatnya, sehingga dia kemudian memutuskan untuk membuat mereka menjadi lukisan dari foto yang diambilnya. "Diperlukan waktu beberapa bulan untuk menyelesaikan lukisan mereka." kata Basuki yang sudah tinggal di Adelaide selama lebih dari 20 tahun terakhir.

Objek lukisan Basuki adalah dua penari wanita yang sedang mengamen di perempatan jalan. "Dulu mereka tampil dalam acara di kampung-kampung. Namun sekarang mereka harus mengamen di jalan, bercampur dengan pengemis dan pengasong. Ketika mereka menari, mereka mengenakan kostum lengkap. Saya ingin penikmat lukisan saya berempati dengan para penari tersebut, namun dalam waktu bersamaan juga salut atas kemandirian mereka." kata Basuki.

Selain dua lukisan soal penari jalanan tersebut, Basuki juga menampilkan beberapa lukisan abstrak dalam pameran yang nantinya akan dibuka oleh Dutabesar Indonesia untuk Australia Nadjib Ripat Kesoema, pada tanggal 13 April.


Anda sedang membaca artikel tentang

Urban Yogya Dalam Pandangan Tok Basuki

Dengan url

http://inadequatechildnutrition.blogspot.com/2013/03/urban-yogya-dalam-pandangan-tok-basuki.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Urban Yogya Dalam Pandangan Tok Basuki

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Urban Yogya Dalam Pandangan Tok Basuki

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger