Lisa Siregar, Pulang Cari Bintang

Written By bopuluh on Selasa, 16 April 2013 | 22.05

JAKARTA, Kompas.com - Bagi pelatih renang Lisa Siregar, pulang ke Indonesia selalu berarti menata sesuatu buat masa depan.

Bukan hanya masa depan buat diri ibu dari tiga anak yang telah tinggal belasan tahun di Kalifornia, namun juga buat masa depan olah raga renang Indonesia.

Lisa yang pernah menangani timnas Indonesia antara 1990an hingga 2004 kini menjabat sebagai pelatih kepala puteri di California Baptist University (CBU). Di sini ia membantu pelatih kepala Rick Rowland memperispakan para atlet renang CBU berkompetisi.

"Saat ini peringkat CBU sudah naik dari NAIA ke NCAA, artinya tingkat persaingan akan menjadi lebih tinggi. Kalau di NAIA, kami mampu bersaing di tingkat atas dengan atlet renang yang ada. Tetapi di NCAA, kita butuh atlet renang dengan catatan waktu lebih tajam."

Sebagai gambaran, universitas-universitas pesaing CBU merkerut atlet-atlet renang nasional dari China atau negara-negara Eropa Timur.

Sebagai wakil pelatih kepala, Lisa mendapat tugas untuk menambah kekuatan skuadnya.  Untuk itu ia memanfaatkan jaringan yang dimilikinya saat aktif sebagai pelatih renang di Indonesia atau pun saat memiliki jabatan di federasi renang Asia (AASF).

Awal tahun ini, ia telah merekrut Patricia Yosita Hapsari, atlet renang nasional untuk melanjutkan studi sekaligus berlatih di CBU. "Meski pola latihannya berbeda, Yosita bisa mengikuti, apalagi anaknya cukup terbuka untuk hal-hal yang baru. Yang menguntungkan di sini dia dapat frekeunsi bertanding dan lawan bertanding yang cukup."

Namun  karena kompetisi berlangsung selama setahun penuh, CBU membutuhkan atlet-atlet renang potensial cukup banyak dalam jajaran tim. Maret hingga awal April lalu, Lisa yang merupakan puteri teknokrat olah raga MF Siregar Alm,  pulang untukmengamati para atlet renang di Malaysia, Singapura, Jakarta serta Bandung.

"Saya sudah melihat dan bertemu para atlet nasional seperrti Alexis (wijaya Ohmar), Ressa (Kania Dewi), Yessy (Yosaputra) dan yang lain. Semuanya pada akhirnya memang tergantung pada atletnya," kata ibu dari Rhesa, Chrisilla dan Rhesi.

Menurut Lisa, calon atlet yang berminat harus mengajukan sendiri lamaran ke CBU dengan melampirkan semua prestasi baik di renang mau pun akademis dan tentu saja kemampuan bahasa Inggris. "Kalau diterima mereka akan mendapat beasiswa yang berkisar 20 hingga 100 persen, tergantung pada tingkat prestasi renang mereka di sana," ungkap Lisa lagi.

Keuntungan lainnya, CBU -seperti umumnya sekolah di Amerika - memberi apresiasi sangat tinggi pada atlet yang berkesempatan membela almamater, wilayah atau bahkan negaranya. Pada masa lalu, pelatih nasional Felix C. Sutanto juga membela Indonesia di Olimpiade Athens 2004 saat masih menuntut ilmu di CBU.

"Untuk Yosita saja, karena dia akan membela Indonesia pada SEA~Games Myanmar pada Desember mendatang, jadwal ujian kemungkinan akan diajukan ke November," ungkapnya.

Bagi Lisa,  hal inilah yang bisa dilakukannya untuk tetap berhubungan dengan dunia renang Indonesia, komunitas yang pernah  digeluti dan membesarkan namanya. Pernah aktif sebagai atlet (1966-1973), Lisa pernah mendampingi tim renang Indonesia ke Olimpiade 1992 hingga 2004.

"Pada masanya saya pernah berkeliling dunia bersama atlet-atlet hebat masa lalu seperti Richard Sam Bera, Felix-Albert Sutanto dan Wisnu Wardhana.

"Pada masanya saya  pernah berkeliling dunia bersama atlet-atlet hebat masa lalu seperti Richard (Sam Bera), Felix-Albert (Sutanto) dan Wisnu Wardhana. Saya juga meminta mereka untuk concern dengan kelanjutan kejayaan renang Indonesia dengan membentuk klub Millennium Aquatic pada 1999," lanjutnya.

Saat ini Lisa tinggal di Riverside, kota kecil di kalifornia bersama suaminya, Chris. Sementara anak-anaknya sudah mendiri dan sebagian tinggal terpisah. "Praktis waktu saya habis di sekolah  dan melatih di klub Lancers Aquatic, dari jam 5 pagi hingga 7 malam," ungkap Lisa lagi.

"Kalau waktu lowong atau off latihan, saya bertemu komunitas Indonesia yang cukup banyak di sini. terutama mantan atlet-atlet nasional."

Editor :

A. Tjahjo Sasongko


Anda sedang membaca artikel tentang

Lisa Siregar, Pulang Cari Bintang

Dengan url

http://inadequatechildnutrition.blogspot.com/2013/04/lisa-siregar-pulang-cari-bintang.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Lisa Siregar, Pulang Cari Bintang

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Lisa Siregar, Pulang Cari Bintang

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger