Dana Pelantikan Tiga Bupati di Madura Rp 1,7 Miliar

Written By bopuluh on Senin, 18 Februari 2013 | 21.05

PAMEKASAN, KOMPAS.com - Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati terpilih di tiga Kabupaten di Madura, Jawa Timur, diperkirakan akan menelan dana Rp 1,7 miliar. Tiga Kabupaten itu masing-masing Bupati dan Wakil Bupati Bangkalan terpilih Makmun Ibnu Fuad-Mundir Rofii, Bupati dan Wakil Bupati Sampang Fannan Hasib-Fadhilah Budiono, Bupati dan Wakil Bupati Pamekasan Achmad Syafii-Kholil Asyari.

Pelantikan Bupati Pamekasan diperkirakan mencapai Rp 500 juta, pelantikan Bupati Sampang dianggarkan Rp 300 juta, dan pelantikan Bupati Bangkalan dianggarkan paling besar Rp 900 juta. Di Bangkalan, anggaran bersumber dari dua instansi yakni dari DPRD Bangkalan dan dari Bagian Adminisitrasi Umum.

Ketua DPRD Sampang Imam Ubaidillah, Selasa (19/02) mengatakan, di Sampang anggaran pelantikan ditekan seminimal mungkin. Namun meskipun sudah paling kecil anggarannya jika dibanding dua kabupaten lainnya, masih ada beberapa pihak yang menganggap terlalu besar.

"Memang acaranya cuma seremonial belaka, tetapi ada saja yang menganggap menghambur-hamburkan anggaran," katanya.

Yang paling banyak menuai sorotan dari publik yakni anggaran di Kabupaten Bangkalan. Ketua Lembaga Kajian dan Advokasi Rakyat (LekRa) Madura, Fauzi mengatakan, anggaran Rp 900 juta hanya akan dihabiskan dalam sehari saja. Itu sama saja menghambur-hamburkan anggaran.

"Seharusnya anggaran itu bisa ditekan sekecil mungkin agar bisa digunakan untuk anggaran pembangunan infrastruktur di pedesaan," katanya melalui sambungan ponselnya.

Di Bangkalan, infrastruktur di pedesaan dan perkampungan banyak jalan yang masih berbentuk makadam. Kalau anggaran itu dipangkas sampai 50 persen saja, maka akan ada pembangunan infrastruktur baru.

"Kalau hanya acara hura-hura pelantikan, apa manfaatnya bagi rakyat secara langsung. Yang dibutuhkan saat pelantikan hanya pengambilan sumpah jabatan saja," tandasnya.

Selain di Bangkalan, Kabupaten Pamekasan dan Sampang seharusnya juga perlu mengurangi anggaran pelantikan. Sampai saat ini menurut Fauzi, empat kabupaten di Madura masih dalam status daerah tertinggal dan angka kemiskinan masih cukup tinggi.

"Seharusnya yang patut diperhatikan adalah bagaimana menurunkan angka kemiskinan, bukan memperbesar anggaran untuk hura-hura," ungkapnya.

Sementara ini, jadwal pelantikan tiga kepala daerah baru di Madura dilaksanakan secara terpisah. Di Pamekasan akan dilaksanakan 21 April mendatang. Di Sampang akan digelar 26 Pebruari ini dan di Bangkalan belum ada kepastian.

Editor :

Ana Shofiana Syatiri


Anda sedang membaca artikel tentang

Dana Pelantikan Tiga Bupati di Madura Rp 1,7 Miliar

Dengan url

http://inadequatechildnutrition.blogspot.com/2013/02/dana-pelantikan-tiga-bupati-di-madura.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Dana Pelantikan Tiga Bupati di Madura Rp 1,7 Miliar

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Dana Pelantikan Tiga Bupati di Madura Rp 1,7 Miliar

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger