Kuba Umumkan Pemred Baru Media Nasionalnya

Written By bopuluh on Kamis, 10 Oktober 2013 | 22.05

KOMPAS.com - Kuba adalah negara komunis yang kini terbilang "nyeleneh". Soalnya, negeri yang pernah dipimpin oleh Fidel Castro ini mengumumkan kepada publik nama pemimpin redaksi (pemred) terbaru untuk media nasional Granma. Sebuah kebijakan tak lazim lantaran jarang sekali sebuah negara komunis menempuh kebijakan itu.  

Pelayo Terry kini menjadi pemred koran nasional Kuba, Granma. Koran ini adalah corong politik Politbiro Partai Komunis Kuba.

Menurut warta Bernama pada Jumat (11/10/2013), ternyata, Terry mantan wartawan perang. Lama meliput perang di Ethiopia, Terry menggantikan pejabat lama Lazaro Barredo. Barredo sudah menjadi pemred delapan tahun lamanya.

Terry boleh dibilang berbeda dengan Barredo. Soalnya, dia mengaku sudah lama punya akun Twitter. Lagian, Terry adalah sosok jurnalis yang memanfaatkan media sosial untuk berdialog.

Partai

Sebelum menjadi orang nomor satu di Granma, Terry adalah pemimpin redaksi Juventud Rebelde. Koran ini pun milik pemerintah komunis Kuba untuk kalangan pemuda.

Dus, posisi yang ditinggalkan oleh Terry di Juventud Rebelde diisi oleh wakilnya, Marina Menendez.

Waktu yang berubah memang memaksa Kuba juga ikut berubah. Keputusan untuk mengumumkan nama tersebut memang muncul saat kongres partai pada musim panas ini. Sebuah sinyal perubahan?

Kendati begitu, pemerintah masih berkuasa atas media baik koran dan televisi. Paling tidak, mayoritas berita di kedua media itu kebanyakan berisi kunjungan pejabat dan warta soal pertumbuhan ekonomi Kuba yang dikatakan selalu membaik.

Editor : Josephus Primus


Anda sedang membaca artikel tentang

Kuba Umumkan Pemred Baru Media Nasionalnya

Dengan url

http://inadequatechildnutrition.blogspot.com/2013/10/kuba-umumkan-pemred-baru-media.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Kuba Umumkan Pemred Baru Media Nasionalnya

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Kuba Umumkan Pemred Baru Media Nasionalnya

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger